Tips Cara Menghindari Stres di Usia Muda

Kerjatugas - Stres kerap dialami oleh banyak orang, dan perlu dilakukan tindakan untuk mencegah stres agar tidak berkepanjangan. Biasanya stres disebabkan banyaknya tekanan dan masalah yang dialami penderitanya.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh American Psychological Association pada tahun 2017, sekitar 77% orang merasakan dampak fisik yang nyata dari stres. Seperti kelelahan, sakit kepala, sampai kurangnya selera makan.

Semakin sering mengalami stres tentu juga akan berdampak kepada kesehatan. Sebagai contoh ketika hilang selera makan karena stres, maka akan memicu sakit lambung. Artinya banyak hal yang akan ditimbulkan akibat stres.

Cara Menghindari Stres

Tips Cara Menghindari Stres di Usia Muda

Stres ini dapat menyerang siapa saja, anak muda, orang tua, pelajar, pekerja, hingga yang sudah berumah tangga pasti bisa mengalami stres.

Pelajar juga tidak luput dari bahaya stres, terlebih ketika banyaknya tuntutan untuk mendapat nilai yang bagus.

Sedangkan para pekerja kerap dilanda stres, akibat tekanan kerja yang cukup kuat, dan lingkungan kerja yang kurang kondusif.

Ada baiknya melakukan tindakan untuk mencegah stres, agar tidak memberikan dampak yang semakin meluas.

Berikut adalah beberapa cara menghindari stres yang bisa kamu lakukan.

1. Tidur Lebih Cukup

Saat tubuh lelah, akan sulit sekali untuk mengendalikan tekanan, apalagi mengatasi stres. Maka dari itu, menambah istirahat dan waktu tidur akan sangat membantu.

Dengan energi yang cukup, pekerjaan akan lebih mudah dan cepat diselesaikan. Selain itu, stres juga akan lebih dapat dihindari karena pikiran akan terasa lebih segar dan siap untuk mengatasi masalah.

2. Bersosialisasi

Tidak dapat dipungkiri bahwa manusia adalah makhluk sosial. Dengan bergurau bersama teman-teman, pikiran kita tidak akan hanya berfokus pada masalah dan tugas-tugas menumpuk, melainkan diberi sedikit waktu untuk bersantai.

3. Meditasi

Beberapa pakar beranggapan bahwa meditasi adalah salah satu cara yang ampuh untuk menghadapi stres.

Selain membantu memfokuskan pikiran untuk bisa kembali berkonsentrasi, meditasi juga membuat seseorang berhenti sejenak untuk menarik napas dan menormalkan detak jantung dan tekanan darah, sehingga akan menurunkan hormon stres dan membuat tubuh menjadi lebih tenang.

4. Minum Air Putih

Banyak orang berpaling ke minuman keras untuk melupakan masalah mereka dan melampiaskan rasa stres. Padahal sebenarnya air putih adalah obat yang lebih mujarab untuk mengatasi stres.

Setelah pengaruh alkohol hilang, maka efek stres akan kembali datang. Kekurangan cairan tubuh adalah salah satu penyebab rasa letih. Efek tersebut sering dikaitkan dengan stres, sehingga minum banyak air putih akan membuat tubuh lebih segar.

5. Melakukan Hobi

Terkadang, cara untuk menghadapi stres hanya sesimpel melakukan sesuatu yang kamu senangi. Misalnya, seorang kutu buku akan lupa pada rasa stresnya setelah membaca novel yang menarik.

Memainkan alata musik juga bisa menjadi pilihan, karena ketka memainkan alat musik maka seseorang akan menikmati permainannya dan nada-nada yang dihasilkan, sehingga stres yang dirasakan dapat teralihkan.

Itulah sedikit tips menghindari stres yang bisa berakibat buruk bagi kesehatan, jika terus menerus dibiarkan atau disepelekan.

Ketenangan jiwa dan pikiran dibutuhkan untuk menjalani beragam aktivitas sehari-hari, baik itu belajar, ataupun bekerja.

Baca Juga
Raihan Biruni

Call me Raihan, I'm a personal blogger who is also a tech addict. I wrote an article about great technology tips.

*

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama